Search Enguine

Kamis, 04 Februari 2010

Persebaran Tanaman Manggis

Manggis hanya diketahui sebagai tanaman budidaya. Pembudidayaan tanaman ini telah lama hanya terbatas di kawasan Asia Tenggara saja, yaitu di Indonesia, New Guinea, Mindanao (Filipina), Semenanjung Malaysia, Thailand, Burma, Vietnam, hingga Kamboja. Pada duapuluh tahun belakangan ini, Manggis telah tersebar ke berbagai negara tropis lain seperti Sri Lanka, India Selatan, Amerika Tengah, Brazil dan Queensland.

Di Indonesia persebaran tanaman manggis peluang pengembangannya sangat besar, baik ditinjau dari potensi lahan, keragaman jenis, maupun dari aspek petani dan teknologi. Terdapat sekitar 100 jenis tanaman manggis yang tumbuh di Indonesia dari sekitar 400 jenis yang dijumpai di dunia. Wilayah pertumbuhan tanaman manggis di Indonesia sangat luas mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Hingga saat ini sekitar 25 kabupaten tercatat sebagai penghasil dan penyumbang buah manggis untuk ekspor dan pemenuhan kebutuhan dalam negeri, dan ada beberapa daerah telah mengembangkan manggis meskipun belum tercatat sebagai penghasil buah manggis. Hal ini menggambarkan bahwa potensi lahan dan areal masih sangat besar dan dapat dikembangkan sebagai wilayah atau pusat pengembangan
manggis di Indonesia.

Di samping daerah tersebut masih ada beberapa daerah penghasil manggis yang belum tercatat produksinya seperti: Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat, Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Paso dan Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah yang secara agroklimat sangat sesuai untuk pengembangan tanaman manggis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar